bjb net - Internet Banking

Mempermudah akses perbankan bjb anda secara online.

Internet Banking Corporate

Info Kurs bank bjb

Kurs per 08 June 2018 17:39 WIB
Valuta Beli Jual
USD14,125.0014,175.00
EUR16,423.0016,483.00
GBP19,487.0019,557.00
AUD10,567.0010,606.00

Jaringan Kantor bank bjb

bank bjb memiliki 940 lokasi pelayanan yang tersebar di 10 Kota di indonesia

Jaringan Kantor bank bjb

Rekapitulasi jaringan kantor bank bjb
bjb Call

bjb Call adalah layanan call center bank bjb dengan nomor akses khusus 14049 yang berfungsi untuk memberikan informasi dan layanan perbankan melalui telepon yang dapat diakses oleh nasabah maupun non nasabah.

Layanan pada bjb Call
  • Keuntungan layanan bjb Call :
    1. Mudah : Mudah diakses baik melalui pesawat telepon maupun telepon selular
    2. Hemat : hemat waktu & tenaga, tanpa perlu berkunjung ke Cabang
    3. Cepat : Dapat dihubungi kapan pun dan dimana pun
  • Jenis Layanan bjb Call :
    • Informasi Produk dan Layanan
      • Informasi umum produk dan jasa
      • Informasi pembukaan rekening
      • Informasi lokasi ATM & Jaringan kantor bank bjb
      • Informasi lokasi layanan weekend banking
      • Informasi saldo dan mutasi rekening (nasabah perorangan pemilik kartu ATM)
    • Pemblokiran kartu ATM
    • Pengaduan Nasabah
    • Reset password bjb Net dan bjb SMS
Untuk nasabah maupun non nasabah yang akan menghubungi bjb Call dari luar Indonesia dapat menggunakan nomor telepon +622180631232

bjb AKSI

Informasi untuk meng-edukasi nasabah terkait cara aman bertransaksi, mulai dari menjaga keamanan data pribadi, modus penipuan ataupun kejahatan sampai dengan tips bertransaksi dengan aman.

Apa Itu OTP ? dan Cara Menjaga Kerahasiaannya

Halo Sahabat bjb
Apakah kamu pernah mendapatkan SMS berisi 4-6 digit angka pada saat mau log-in akun atau transaksi Online? Jika iya, itu adalah angka dari kode OTP (One-Time Password).Tapi apakah kamu menyadari betapa pentingnya OTP ini dalam pengamanan akun kamu? Yuk pahami penggunaan kode OTP ini untuk kepentingan keamanan akun kamu.
Apa itu kode OTP?
Kode OTP (One-Time Password) adalah kata sandi sekali pakai berupa kombinasi 4-6 digit angka unik dan rahasia yang dikirimkan oleh Pihak Bank atau situs jual beli Online melalui SMS/email dan berlaku dalam waktu yang relatif singkat. Saat ini, OTP juga diberlakukan di setiap aplikasi khususnya yang berkaitan dengan transaksi Online seperti aplikasi belanja Online, dompet digital, pinjol dan lainnya.
Kode OTP ini sendiri memiliki beberapa kegunaan, diantaranya adalah:

  • menjaga keamanan akun saat melakukan transaksi atau perubahan data di akun digital kamu,
  • mengganti password, dan
  • mengkonfirmasi bahwa benar yang mencoba log-in ke aplikasi atau bertransaksi di aplikasi adalah kamu.

Meski kode OTP tujuannya adalah untuk pengamanan akun, seringkali ada pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kode ini untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Ibarat kunci rahasia, kode OTP tidak boleh diberitahukan kepada orang lain bahkan ke orang yang mengaku pihak Bank. Dengan memberikan kode OTP kepada orang lain, kamu telah memberikan hak akses kepada orang lain tersebut, termasuk tidak terbatasnya hak akses untuk rekening kamu. Ngeri banget kan?


  1. Jangan mudah percaya dengan nomor telepon yang tidak dikenal ataupun SMS/WhatsApp/akun sosmed yang mengatasnamakan Bank/situs jual beli Online dan lain sebagainya.
  2. Waspadai informasi tentang update data lalu meminta password/OTP dengan alasan sedang perbaikan data identitas, perbaikan sistem, dan lain sebagainya. Kamu wajib curiga sebab, hal ini bisa saja oknum yang mencoba melakukan penipuan.
  3. Jangan pernah memberikan kode OTP yang Kamu terima ketika sedang menggunakan aplikasi kepada siapapun termasuk, orangtua, suami, saudara, pacar dan sebagainya.
  4. Ubah password atau PIN di aplikasi Online maupun perbankan secara berkala. Buatlah PIN yang unik di setiap aplikasi yang Kamu gunakan. Misalnya, dengan kombinasi angka dan huruf sehingga sulit ditebak orang lain.
  5. Jangan mudah tergiur iming-iming hadiah/investasi atau pihak yang mengaku bank bjb. Lalu memberikan username/password/PIN ATM/PIN kartu kredit dll ke orang lain.
  6. Rajin update sistem aplikasi di ponsel dan aktifkan verifikasi dua langkah

  • Penipuan Online Shop bodong
  • Penipuan mengatasnamakan pihak Bank
  • Penipuan Pinjaman Online
  • Penipuan Pengiriman Paket Luar Negeri

  • Jangan bagikan kode OTP kepada siapa pun
  • Hindari memposting informasi pribadi di Social Media
  • Waspadai Telepon, Chat, SMS atau Email yang Mencurigakan
  • Gunakan e-channel resmi bank bjb untuk bertransaksi melalui mobile banking (bjb DIGI) dan internet banking (https://ib.bankbjb.co.id/)
  • Laporkan melalui bjb Call 14049 jika mengetahui adanya aktivitas perbankan yang mencurigakan atau bahkan telah terjadi penipuan

Halo Sahabat bjb

Sudahkan kalian memulai atau memiliki Investasi? Yup, berinvestasi sangatlah penting bagi masa depan kita, adapun ragam penawaran investasi diantaranya; Investasi Emas, Saham, Reksa dana, Surat Berharga, Properti dan lain sebagainya.

Sayangnya, dikarenakan kurangnya pemahaman dan literasi keuangan, masih banyak masyarakat yang tertipu berbagai penipuan berkedok investasi dengan keuntungan yang berlipat dengan waktu yang singkat.

Apa itu Investasi?

Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Adapun beberapa manfaat yang dapat dipeoleh dari berinvestasi diantaranya :


  1. Dapat meningkatkan Aset;
  2. Dapat memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang;
  3. Hidup jadi lebih hemat;
  4. Menciptakan kebahagiaan bagi keluarga.

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Penipuan Berkedok Investasi

Kasus penipuan berkedok investasi hampir selalu ada setiap tahunnya. Padahal kasus semacam ini sudah sering terjadi, tapi masih ada saja orang yang masuk perangkapnya. Para penipu yang menggunakan kedok investasi sangat cerdik, mereka bisa menghadirkan berbagai modus baru untuk mengelabui korban.

Ada beberapa ciri-ciri dari investasi bodong yang perlu sahabat bjb pahami.


  • Menjanjikan keuntungan yang singkat dan fantastis;
  • Tidak ada transparansi risiko;
  • Tidak menjelaskan secara detail mengenai produk investasi;
  • Rekam jejak dan legalitas dipertanyakan;
  • Tidak diketahui dan diawasi regulator.

Maraknya Modus Penipuan Berkedok Investasi

Sahabat bjb tentu sudah sering mendengar berita tentang kasus penipuan investasi di Indonesia, beberapa kasus yang sedang ramai di media saat ini diantaranya :


  • Penawaran Investasi ilegal melalui Media Sosial dengan mencatut nama tokoh terkenal untuk menambah kepercayaan calon korban;
  • Penawaran investasi berkedok kontrak berjangka dan/atau aset kripto melalui platform seperti Whatsapp dan Telegram;
  • Penipuan dibidang perdagangan paket investasi berjangaka dengan menggunakan legalitas palsu dan menampilkan logo dari lembaga pemerintahan.

Tips Hindari Penipuan Berkedok Investasi

Jika sahabat bjb paham dan mengenali risiko yang ada pada sebuah investasi secara baik, maka sikap waspada akan senantiasa kita miliki. Sehingga akan mampu menimbang dengan baik, investasi mana yang layak dan dapat memberikan manfaat lebih.

Untuk itu, selalu kenali perusahaan investasi sejak awal, agar risiko kerugian dapat dihindari.

Beberapa tips yang bisa sahabat bjb lakukan untuk terhindar dari Penipuan Berkedok Investasi diantaranya :


  • Lakukan riset/analisa secara mendalam mengenai perusahaan investasi.
  • Waspada tawaran keuntungan yang tidak wajar dengan waktu yang singkat.
  • Pastikan izin/legalitas dari perusahaan Investasi tersebut diketahui dan diawasi OJK.
  • Pahami bahwa tidak ada Investasi tanpa risiko.
  • Tidak mudah memberikan data pribadi kepada pihak manapun.

Halo Sahabat bjb

Seiring dengan berkembangnya teknologi disektor perbankan, tentunya makin mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi menggunakan produk Digital Banking kapanpun dan dimanapun tanpa batas waktu. Untuk menjaga keamanan transaksi, bank bjb sudah menyiapkan beberapa Security System seperti Kode OTP (One Time Password), nomor PIN (Personal Identification Number) dan Kode Akses untuk mencegah adanya transaksi dan penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak lain.

Namun masih ada saja pelaku yang memanfaatkan kelengahan korban untuk melakukan tindak kejahatan, biasanya pelaku kejahatan berupaya mendapatkan data atau informasi penting nasabah dengan melakukan Phising.

Apa itu Phising ?
yaitu tindakan memperoleh informasi pribadi, seperti user ID, Password, dan data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang/organisasi resmi melalui email, website, whatsapp dan media sosial dengan mengarahkan korban meng-klik link palsu.

Contohnya, pelaku membuat akun media sosial palsu mengatasnamakan bank bjb dengan mengirimkan link palsu pada kolom komentar di media sosial resmi bank bjb dan berpura-pura memberikan solusi mengenai keluhan produk Digital Banking.

Jika korban lengah dan meng-klik link palsu itu, maka akan langsung diarahkan ke media Whatsapp pelaku dan korban diminta untuk mengisi informasi atau data penting seperti User Name, Nomor PIN, Nomor Handphone dan Kode OTP pada link palsu lainnya sebagai solusi mengenai keluhan produk Digital Banking korban. JIka semua Security System itu diberikan kepada pelaku, maka akan sangat mudah pelaku tersebut mengakses akun Digital Banking yang kamu miliki.

Bagaimana Tips untuk terhindar dari Pelaku Phising

  1. Pastikan kembali keaslian dan kenali Media Resmi yang akan Nasabah akses untuk permintaan informasi atau keluhan terkait produk yang ingin diketahui/digunakan, berikut Media dan Call Center Resmi bank bjb :
    1. Email Resmi untuk informasi dan Pengaduan Nasabah bank bjb
      • bjbcare@bankbjb.co.id
    2. Akun media sosial resmi bank bjb
      • Instagram : @bankbjb, Twitter : @infobankbjb, Facebook : bank bjb
      • Akun media sosial bank bjb Official/Verified yang bercentang biru
    3. Call Center resmi bank bjb dinomor 14049
    4. Website Resmi bank bjb https://www.bankbjb.co.id
  2. Jangan pernah memberikan informasi data rahasia seperti Nomor PIN (Personal Identification Number), User ID, Kode OTP (One Time Password), User ID, Kode Akses, Card Verification Value (CVV)/3 (tiga) digit terakhir dibagian belakang Kartu Kredit/Debit, Nomor Kartu Debit/Kredit dan tanggal kadaluarsa (expire date) kepada pihak manapun, karena bank bjb tidak pernah meminta informasi data tersebut melalui sarana media elektronik yang tidak aman.
  3. Jangan pernah memasukan User Id, Nomor PIN/Password, Kode Akses, Kode OTP dan Nomor Handphone pada suatu halaman Web yang terbuka otomatis (pop up) yang dikirim melalui link.
  4. Mengkonfirmasi kepada pihak bank bjb melalui Call Center resmi bjb Call dinomor 14049 jika ada permintaan dan transaksi yang mencurigakan.
  5. Jika sahabat bjb baru menyadari dan terlanjur memberikan data rahasia kepada pelaku, segera lakukan perubahan Password, Nomor PIN, Kode Akses atau lakukan pemblokiran melalui bjb Call 14049.

Beberapa Hal yang dapat dilakukan untuk mendeteksi Phising

  1. Link palsu yang mencurigakan
    Pelaku biasanya akan mengirimkan link palsu yang nantinya akan menuju ke suatu halam web palsu yang terbuka otomatis (pop up).
  2. Penambahan huruf atau angka pada akun Resmi
    Untuk mengelabui korban, pelaku biasanya menambahkan kata, angka, atau symbol tertentu sehingga terlihat mirip dengan akun media Resmi/official, jadi sahabat bjb harus lebih teliti dan hati-hati dalam mengakses media untuk mendapatkan informasi atau pengaduan mengenai produk tertentu.
  3. Permintaan data rahasia
    Waspada terhadap pesan yang meminta informasi data rahasia, seringkali pesan mendesak meminta agar segera merespon tanpa berpikir.

Untuk itu, sahabat bjb harus betul-betul menjaga data rahasia seperti Nomor PIN (Personal Identification Number), User ID, Kode OTP (One Time Password), Card Verification Value (CVV)/3 (tiga) digit terkahir dibagian belakang Kartu Kredit/Debit, Nomor Kartu Debit/Kredit dan tanggal kadaluarsa (expire date) serta tidak memberikan atau memberitahu kepada pihak manapun.

Jika nasabah terbukti memberikan data rahasia kepada pelaku dan terjadi transaksi yang tidak diketahui nasabah, maka Bank tidak bertanggungjawab terhadap transaksi yang terjadi.


ARTIKEL REKOMENDASI
Berita15 September 2021
bank bjb dan Pemkab Sumedang...

SUMEDANG – bank bjb dan Pemerintah Kabupaten Sumedang sepakat bekerja sama mengembangkan kompetensi Aparata Sipil Negara (ASN) melalui bjb University.

Berita13 November 2020
bank bjb Raih Penghargaan Indonesia...

BANDUNG – bank bjb menahbiskan dirinya sebagai salah satu perbankan terbaik di mata para milenial. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan penghargaan dalam ajang Indonesia Financial Awards 2020 (Millennials’ Choice) kategori Brand Image yang...

Berita14 Juni 2021
bank bjb Cabang Sukabumi Gelar...

SUKABUMI – Guna meningkatkan pengetahuan seputar penggalian potensi pendapatan daerah secara digital, bank bjb menggelar webinar dan talkshow bertajuk “Optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Digitalisasi Perbankan” di aula kantor Bank BJB Cabang Sukabumi, Jumat...

Hubungi Kami

Kantor Pusat bank bjb
Menara bank bjb
Divisi Corporate Secretary
Jl.Naripan No. 12-14
Bandung - 40111
Kontak bank bjb
Telp : 022-4234868
Fax : 022-4206099



bank bjb Terdaftar dan Diawasi oleh OJK | bank bjb merupakan peserta penjamin LPS Copyright © 2021 bank bjb